Ekspatriat Mencari Pekerjaan di Indonesia

Ekspatriat Mencari Pekerjaan di Indonesia – Apakah Anda salah satu dari sekian banyak ekspatriat yang ingin mencari pekerjaan di Indonesia? Maka, artikel ini untuk Anda! Kami mendapatkan banyak pertanyaan di situs ini dan posting di Forum Expat dari ekspatriat yang ingin pindah ke Indonesia, atau sudah ada di sini, mungkin sebagai “pasangan yang tertinggal”, dan sedang mencari pekerjaan.

Ekspatriat Mencari Pekerjaan di Indonesia

jobasv – Meskipun meneliti kemungkinan pekerjaan dapat dimulai sebelum tiba di Indonesia, lebih baik Anda secara fisik berada di negara tersebut sebelum Anda mulai mengirimkan CV. Mampu segera menanggapi prospek dan permintaan wawancara, serta jaringan, sangat berharga dalam pencarian kerja. Terus terang, akan sangat sulit bagi Anda untuk mencari pekerjaan di Indonesia, jika Anda tidak secara fisik berada di sana.

Kebijakan pemerintah terhadap perekrutan ekspatriat

Ketahuilah bahwa pekerjaan di Indonesia tidak benar-benar terbuka untuk ekspatriat. Statistik awal 2016 menunjukkan bahwa hampir 5,5% dari populasi menganggur dan persentase yang signifikan dari mereka adalah profesional. Kebijakan pemerintah Indonesia sangat jelas bahwa ia tidak ingin sebuah perusahaan di Indonesia, domestik atau asing, untuk mempekerjakan seorang ekspatriat untuk pekerjaan yang dapat dilakukan oleh orang Indonesia. Terlalu banyak pengangguran di Indonesia yang mencari pekerjaan!

Kebijakan ini cukup banyak menghalangi ekspatriat muda, petualang dengan sedikit pengalaman kerja untuk mendapatkan pekerjaan di Indonesia, kecuali sebagai guru bahasa Inggris atau sukarelawan dengan organisasi internasional.

Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang memiliki Daftar Negatif Investasi. Ini adalah daftar yang dikeluarkan oleh pemerintah yang melarang atau membatasi investasi asing di sektor tertentu. Jelas jika investasi dibatasi, lapangan kerja di sektor-sektor itu juga terpengaruh.

Izin Kerja

Agar sebuah perusahaan di Indonesia dapat mempekerjakan seorang ekspatriat, mereka harus memiliki izin dari pemerintah. Memperoleh izin ini bisa memakan waktu lama, mahal bagi perusahaan, dan sangat birokratis. Mempekerjakan seorang ekspatriat bukanlah keputusan yang dianggap enteng oleh perusahaan lokal atau multinasional.

Kebijakan pemerintah menyatakan bahwa orang asing yang bekerja di Indonesia harus “ahli” di bidangnya. Ini menghalangi rata-rata lulusan universitas baru Anda untuk bekerja di sini – karena pemerintah Indonesia mendefinisikan seorang ahli sebagai seseorang yang telah bekerja di bidangnya secara profesional selama 5 tahun atau lebih.

Satu-satunya pengecualian yang kami lihat adalah untuk penutur asli yang mengajar bahasa Inggris .

Agar pemerintah Indonesia dapat menerima aplikasi perusahaan untuk pekerjaan Anda, perusahaan harus:

membenarkan mengapa posisi ini perlu diisi oleh seorang ekspatriat,

menunjukkan bahwa ekspatriat memiliki latar belakang pendidikan yang tepat

memenuhi pertanyaan dari departemen tenaga kerja saat wawancara

Dan harus ada slot terbuka dalam rencana tenaga kerja yang diajukan/disetujui perusahaan
Jika persyaratan ini (dan lainnya) dipenuhi, maka ekspatriat dapat diberikan izin kerja. Setelah izin kerja disetujui, perusahaan dapat mengajukan permohonan visa semi-residen untuk karyawan baru Izin Kerja Pertama Visa Kedua! Informasi lebih lanjut tentang dokumen yang dibutuhkan oleh ekspatriat dapat ditemukan di Visa dan Dokumentasi .

Jika Anda tidak memiliki izin kerja, Anda tidak bekerja secara legal! Pastikan majikan Anda telah mendapatkan dokumentasi lengkap untuk Anda. Beberapa pekerjaan di sektor informal diperbolehkan jika orang asing menikah dengan orang Indonesia, tetapi peraturannya tidak 100% jelas tentang pengecualian ini dan terbuka untuk interpretasi.

Selain aplikasi dan kerumitan birokrasi dalam mempekerjakan orang asing, perusahaan harus membayar pajak bulanan sebesar $100 untuk setiap orang asing yang mereka pekerjakan. Dana ini dibayarkan ke Kementerian Tenaga Kerja yang menggunakan dana untuk program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan orang Indonesia. Hanya pajak ini saja yang menghasilkan biaya $ 1.200 / tahun / karyawan asing ke perusahaan perekrutan.

Kami tidak menyarankan bekerja di Indonesia tanpa izin kerja, konsekuensinya parah!

Ekspatriat di Indonesia

Anggota komunitas ekspatriat yang bekerja di Indonesia terdiri dari kelompok-kelompok besar berikut:

Ekspatriat yang dikirim oleh perusahaannya untuk bekerja di Indonesia penempatan karyawan yang ada di luar negeri

  • Diplomat karir yang ditugaskan di kedutaan dan konsulat asing di Indonesia
  • Investor orang yang telah berinvestasi di perusahaan atau mendirikan perusahaan di Indonesia
  • Pekerja bantuan untuk organisasi internasional dan LSM
  • MisionarisPekerja lokal ekspatriat yang menemukan pekerjaan sendiri di Indonesia
  • Pasangan ekspatriat warga negara Indonesia

Dalam setiap kasus ini, pertimbangan ketenagakerjaan berbeda.

Metode yang Dicoba dan Benar

Sama seperti di sebagian besar lingkungan pencarian kerja, ada metode yang dicoba dan benar untuk mencari pekerjaan, beberapa di antaranya kita bahas di sini:

1. Sampaikan resume Anda kepada semua orang yang Anda kenal. Indonesia BUKAN masyarakat yang berbasis informasi. Informasi bisa sulit ditemukan. Bahkan jika orang/perusahaan yang Anda hubungi tidak memiliki lowongan pekerjaan, mereka dapat berbagi pengetahuan tentang ketersediaan Anda dengan orang lain sehingga mengarah ke prospek tambahan. Atau, sementara mungkin tidak ada kebutuhan saat ini, sesuatu mungkin muncul dengan perusahaan di masa depan, dan CV Anda akan ada di file mereka. Anda tidak pernah tahu teman atau kolega mana yang mengetahui adanya lowongan di bidang Anda. Memberitahukan satu dan semua ketersediaan Anda adalah bijaksana.

2. Jaringan sering kali menjadi kunci pekerjaan. Ada beberapa cara efektif untuk membangun jaringan di Indonesia. 1) bergabung dengan asosiasi profesional untuk bidang Anda, 2) bergabung dengan asosiasi bisnis ekspatriat , 3) menggebrak trotoar menghadiri setiap acara yang memungkinkan dan membagikan kartu Anda, 4) bergabung dengan organisasi komunitas, klub olahraga, dan komunitas gereja, dan 4) menjadi sukarelawan untuk segala sesuatu yang Anda dapat menemukan waktu untuk melakukannya. Melalui kegiatan sukarela ini Anda akan bertemu orang-orang yang mungkin dapat mengarahkan Anda menuju pekerjaan. Setiap kali Anda bertemu seseorang yang menurut Anda mungkin berperan dalam pencarian pekerjaan Anda, tindak lanjuti pertemuan itu dengan email, catatan, surat, faks, atau telepon.

3. Mengundang orang-orang penting dalam industri Anda untuk makan siang (pada Anda) dan memilih otak mereka juga akan menjadi cara yang efektif untuk mengetahui apa yang terjadi di bidang Anda.

4.Dapatkan pekerjaan bekerja untuk multinasional di negara asal Anda, kemudian bekerja menuju tugas di Indonesia dari dalam perusahaan.

5.Datanglah ke Indonesia dan mulailah belajar Bahasa Indonesia dengan visa sosial/kunjungan (atau visa pasangan tanggungan jika pasangan Anda sudah bekerja di Indonesia). Kemudian bergabunglah dengan berbagai komunitas/organisasi profesi dan mulailah berjejaring untuk mencari pekerjaan. Catatan, Anda tidak dapat bekerja secara legal dengan visa turis atau kunjungan!

5.Posting resume Anda di forum kerja Internet dan papan buletin, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

6.Hubungi perusahaan Pencarian atau Perekrutan Eksekutif Jakarta atau yang berbasis di seluruh Asia. Sepengetahuan kami tidak ada perusahaan pencari eksekutif di Jakarta yang khusus menangani ekspatriat. Beberapa perusahaan pencari internasional besar memiliki kantor perwakilan di Jakarta, serta beberapa perusahaan lokal yang sangat baik. Sebagian besar perusahaan ini mendapatkan beberapa pertanyaan dari klien lokal mereka untuk pencarian ekspatriat karena mereka menangani 99% pencarian untuk manajer senior Indonesia. Namun, mereka mungkin bersedia memasukkan CV Anda ke database mereka untuk pencarian ekspatriat satu kali itu. Mungkin juga perusahaan pencari di Singapura atau Hong Kong benar-benar mendapatkan pencarian untuk posisi di Indonesia . Jadi sebarkan resume Anda di seluruh wilayah.

Pekerja Lokal

Dalam beberapa kasus perusahaan multinasional mungkin mencari ekspatriat yang sudah tinggal di Indonesia. Mereka mungkin menghargai pengalaman orang Indonesia dan keakraban dengan bahasa, iklim bisnis, dan kondisi kerja. Dalam kasus ini, perusahaan akan mengorientasikan karyawan lokal ke perusahaan, bukan mengarahkan seseorang dari kantor pusat ke Indonesia. Posisi ini sedikit dan jarang. Pastikan untuk menyebutkan kemampuan bahasa Indonesia dan pengalaman kerja Indonesia atau pengetahuan bisnis/budaya dalam lamaran pekerjaan Anda.

Orang-orang ini dianggap berharga jika mereka memiliki: 1) pengalaman yang relevan dengan industri Indonesia, 2) Keterampilan teknis yang tidak dimiliki warga negara, atau 3) Keterampilan bahasa Indonesia. Ekspatriat yang menikah dengan pasangan Indonesia memiliki faktor tambahan yang menguntungkan mereka. umur panjang dan komitmen yang dirasakan terhadap Indonesia serta peningkatan pemahaman tentang perbedaan lintas budaya.

Saran yang bagus bacalah cetakan kecil dari setiap kontrak dan cobalah untuk menghubungi orang-orang yang bekerja di sana sebelum Anda menandatangani kontrak kerja.

Upah minimum resmi di Indonesia berbeda menurut provinsi. Di Jakarta upah minimum adalah Rp 4.452.724/bulan (Januari 2022). Itu disesuaikan setiap tahun dan tarif baru biasanya mulai berlaku pada bulan Januari. Upah minimum 2022 di Bali adalah Rp 2.516.971, mulai Januari 2022. Untuk daerah lain, cukup Google “upah minimum provinsi tahun 2022” dan nama provinsi.

Tidak ada arahan atau keputusan yang jelas dari pemerintah apakah hal ini berlaku sama bagi pekerja di sektor informal maupun karyawan perusahaan. Perhatikan bahwa jika pekerjaan staf rumah tangga dicatat dalam laporan keuangan sebuah perusahaan multinasional, perusahaan diwajibkan oleh hukum untuk membayar individu setidaknya upah minimal.

Sebagian besar perusahaan asing di Indonesia akan mengharapkan mentor ekspatriat untuk berbagi pengetahuan tentang posisinya dengan mitra Indonesia. Perusahaan asing kemudian harus merencanakan metode dimana pengetahuan akan ditransfer sehingga warga negara Indonesia akan siap untuk mengambil alih posisi pada akhir masa kerja ekspat di Indonesia.

Langkah-langkah ini sering dinyatakan dalam Rencana Ketenagakerjaan yang disepakati perusahaan dengan Kementerian Tenaga Kerja Indonesia. Tujuan pemerintah untuk transfer ilmu kepada warga negara Indonesia dapat dimengerti mengingat jutaan orang Indonesia yang mencari pekerjaan dan tingginya biaya mempekerjakan ekspatriat.

Kebanyakan perusahaan multinasional setuju dengan persyaratan ini namun ada kekhawatiran bahwa meskipun nasional telah dilatih dan menyadari harapan manajemen internasional, terlihat bahwa manajer Indonesia kadang-kadang membiarkan standar dan praktik bisnis perusahaan internasional untuk bersantai di bawah total Indonesia. pengelolaan. Ini adalah penyebab keprihatinan dalam perusahaan multinasional mana pun, namun menjadi lebih kritis ketika keselamatan dan potensi kecelakaan dipertanyakan yang membahayakan staf, lingkungan, atau investasi perusahaan.

CATATAN: adalah ilegal bagi individu untuk mempekerjakan orang asing dan adalah ilegal bagi orang asing untuk dipekerjakan oleh individu atau mengajar di perusahaan/sekolah tanpa Izin Kerja dan KITAS terkait Pekerjaan, kecuali jika orang tersebut memegang KITAS atau KITAP disponsori oleh pasangan Indonesia mereka. Penduduk asing tidak dapat mengajar bahasa secara pribadi karena izin kerja yang memungkinkan mereka untuk melakukannya terikat dengan sekolah yang mempekerjakan mereka.

Situs ini menerima banyak pertanyaan dari warga negara asing yang ingin mengajar di Indonesia. Jika Anda ingin mengajar di sekolah internasional dan memiliki gelar mengajar serta kualifikasi dan pengalaman mengajar saat ini, silakan berkonsultasi dengan daftar sekolah internasional kami untuk informasi kontak mereka. Ada juga beberapa website yang menyediakan informasi bagi guru asing tentang berbagai penempatan di luar negeri di sekolah internasional di seluruh dunia. Mereka memberikan informasi tentang bursa kerja yang akan datang untuk guru internasional di kota-kota di seluruh dunia. Cari saja “pekerjaan mengajar di Indonesia” di Google.

Untuk penutur asli yang ingin mengajar bahasa Inggris di Indonesia, sertifikat mengajar, TEFL, TESL, TESOL, CELTA, atau DELTA diperlukan oleh pemerintah Indonesia untuk membuktikan bahwa Anda adalah ahli yang memenuhi syarat. Jika Anda memiliki sertifikasi (TESL, TEFL, TESOL, CELTA, atau DELTA) dari lembaga terakreditasi dan merupakan penutur asli (lihat di bawah) – Anda dianggap ahli dalam bidang pengajaran bahasa Inggris – bahkan jika Anda adalah lulusan baru . Padahal, tentu saja, sebagian besar pemberi kerja lebih menyukai seseorang yang berpengalaman.

Izin kerja ITAS hanya diberikan kepada guru EFL dari salah satu dari lima negara berikut: Inggris, AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Ada beberapa sekolah bahasa yang sudah mulai merekrut di Forum Expat kami , jadi periksa dan lihat apakah ada daftar pekerjaan terbaru, atau posting kredensial Anda di saluran “Pencari Kerja Ekspatriat”. Penjelajahan Internet juga akan menghasilkan situs web untuk sekolah bahasa Inggris lainnya di Indonesia, yang kemudian dapat Anda hubungi langsung untuk menanyakan tentang peluang kerja.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *