Menggunakan Media Sosial untuk Pencarian Kerja Anda

Menggunakan Media Sosial untuk Pencarian Kerja Anda – Sebagai pencari kerja, media sosial bisa menjadi metode yang sangat ampuh untuk membantu Anda menemukan pekerjaan . Dari berjejaring hingga meneliti calon pemberi kerja, ada banyak cara cerdas untuk menggunakan media sosial dalam pencarian pekerjaan Anda.

Menggunakan Media Sosial untuk Pencarian Kerja Anda

 Baca Juga : Mengurangi Hambatan Pencarian Bagi Pencari Kerja

Mengapa Menggunakan Media Sosial dalam Pencarian Kerja Anda?

jobasv – Bahkan jika Anda bukan pengguna media sosial yang rajin, Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki satu atau dua profil media sosial saat Anda mencari pekerjaan. Jika tidak ada yang lain, ini dapat membantu menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda memiliki beberapa keterampilan teknologi dan memahami tren internet dan media sosial. Namun, ada keuntungan lain menggunakan media sosial untuk mencari pekerjaan:

1.Membantu Anda membangun merek pribadi Anda
2.Memungkinkan Anda berjejaring dan terhubung dengan cara yang tidak dapat Anda lakukan secara langsung
3.Membuat Anda “lebih terlihat” oleh manajer perekrutan dan perekrut yang menambang media sosial untuk calon kandidat—bahkan ketika Anda tidak secara aktif mencari pekerjaan
4.Memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan perusahaan tempat Anda ingin bekerja

Jika itu tidak cukup untuk meyakinkan Anda bahwa Anda harus memasukkan media sosial dalam pencarian pekerjaan Anda, pertimbangkan ini: pada tahun 2017, 87% perekrut melaporkan menggunakan LinkedIn untuk mencari kandidat , dan 55% melaporkan menggunakan Facebook.Jika Anda tidak aktif di media sosial, Anda mungkin kehilangan kesempatan kerja!

Cara Membuat Profil Media Sosial untuk Pencarian Kerja Anda

Tentu saja, menyiapkan profil LinkedIn , mengisinya, dan tidak pernah menyentuhnya lagi tidak akan memberi Anda pekerjaan. Anda juga harus aktif di media sosial. Dan meskipun aktif dapat berarti berbagi meme lucu, Anda harus memastikan bahwa Anda menampilkan citra yang positif dan profesional.

Bersihkan Akun Anda yang Ada

Tentu, media sosial bisa ringan, tetapi penting juga untuk menggambarkan diri Anda dalam cahaya yang paling positif (dan profesional). Gunakan profil media sosial Anda untuk menciptakan citra yang meyakinkan tentang Anda sebagai karyawan yang sangat disukai dan dapat dipekerjakan.Tinjau akun media sosial Anda yang ada dengan sisir bergigi rapat untuk memastikan mereka sesuai dengan perusahaan. Hapus atau sembunyikan postingan atau foto lama yang meragukan . Atau selangkah lebih maju dan buat profil terpisah yang mewakili minat profesional Anda. Profil ini harus memiliki foto profesional Anda dan posting Anda hanya boleh tentang karir Anda atau informasi lain yang berhubungan dengan industri Anda.Saat Anda melanjutkan, pertimbangkan semua yang Anda tambahkan ke akun ini dengan mempertimbangkan perspektif pemberi kerja. Semakin bijaksana, berpengetahuan, menarik, dan di atas papan gambar internet Anda, semakin baik.

Google Diri Anda

Menurut survei 2018 , 70% pengusaha menggunakan media sosial untuk menyaring pelamar. Dan sekitar 43% menggunakan media sosial untuk memeriksa karyawan saat ini! Jadi, setelah Anda melakukan pembersihan atau membuat profil baru, Google sendiri dan lihat apa yang muncul .Masukkan nama Anda dan versi apa pun, termasuk nama panggilan dan kesalahan ejaan umum nama Anda.Jika Anda menemukan sesuatu yang salah atau mengerikan, coba perbaiki masalah tersebut sebelum calon majikan melihatnya . Dengan begitu, mudah-mudahan Anda akan mendapatkan sesuatu yang profesional dan relevan segera setelah perusahaan meng-Google nama Anda.

Cara Menggunakan Media Sosial dalam Pencarian Kerja Anda

Dengan profil Anda yang telah dipoles dan siap digunakan, inilah saatnya untuk mulai menggunakannya untuk terhubung dengan pekerjaan baru. Namun, Anda harus menggunakan media sosial dengan hati-hati dan profesional untuk membuat kesan yang baik.Lihat tips ini untuk membantu Anda menggunakan media sosial untuk mencari pekerjaan seperti seorang profesional.

Akui Kemenangan Signifikan

Setelah Anda memiliki profil media sosial profesional Anda, saatnya untuk membiarkan diri Anda (dan keterampilan Anda) bersinar! Baru saja selesai mendapatkan sertifikasi baru? Tambahkan ke profil LinkedIn Anda dan pertimbangkan untuk membagikannya di Twitter! Apakah Anda menyelesaikan proyek hewan peliharaan yang berhubungan dengan bidang karir Anda? Instagram foto-foto itu dan posting secara online. Gunakan media sosial untuk mencari pekerjaan, terhubung dengan perusahaan, dan untuk menyoroti keterampilan, pendidikan, dan pengalaman khusus yang dicari oleh perekrut dan manajer perekrutan.

Tetap Tenang

Meskipun ada beberapa manfaat untuk “membual” tentang pencapaian Anda, Anda tidak ingin memberitahukan kepada semua orang bahwa Anda sedang mencari pekerjaan terutama majikan Anda saat ini.Periksa dua kali lipat lalu tiga kali lipat pengaturan privasi Anda dan pastikan Anda tidak memberi tahu atasan Anda saat ini bahwa Anda “secara aktif mencari” posisi baru . Juga, pertimbangkan koneksi media sosial Anda dengan rekan kerja saat ini.

Bekerja di Situs Web Anda

Penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar manajer perekrutan melakukan penggalian online pada calon pekerjaan potensial bahkan sebelum mereka memanggil mereka untuk wawancara. Bergantung pada jenis karier yang Anda miliki, mungkin masuk akal untuk memiliki situs web yang berfungsi sebagai portofolio untuk Anda.Selain memamerkan beberapa karya Anda, Anda juga dapat memposting rekomendasi, penghargaan, pencapaian, dan penghargaan yang telah Anda terima semuanya dalam satu ruang yang rapi dan bersih.Jika situs web portofolio pribadi tampak seperti terlalu banyak pekerjaan atau mungkin terlalu berat untuk bidang Anda, tambahkan beberapa contoh pekerjaan ke profil LinkedIn Anda. Ini tidak dapat disesuaikan seperti situs web pribadi, tetapi berhasil.

Lakukan Beberapa Pekerjaan Rumah

Tentu saja, Anda dapat langsung membuka situs web perusahaan untuk mengetahui siapa mereka dan apa yang mereka lakukan. Tetapi juga periksa profil media sosial mereka dan tempat lain yang mungkin Anda temukan di web. Baca blog, posting, dan tweet mereka untuk memahami nada di mana mereka ditulis, dan fokus mereka.Anda dapat belajar banyak tentang perusahaan dari postingan media sosial mereka—lebih banyak daripada dengan halaman web statis. Mengikuti perkembangan perusahaan di media sosial juga dapat berguna jika Anda dipanggil untuk wawancara kerja, karena Anda akan memiliki lebih banyak pengetahuan terkini yang dapat Anda rujuk.

Jaringan

Memanfaatkan media sosial sebagai alat jaringan adalah cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang dapat membantu Anda, meningkatkan profil orang-orang di jaringan Anda, dan menciptakan koneksi yang bermakna di lingkungan virtual.Namun, perlu diingat bahwa jejaring media sosial tidak boleh tentang mengumpulkan koneksi sebanyak mungkin . Saat Anda berjejaring di media sosial, jangan lupa untuk membantu jaringan Anda.Pastikan Anda menyukai dan membagikan postingan yang telah ditulis atau dibagikan orang lain. Beri komentar dan beri selamat kepada mereka atas pencapaian mereka. Dan tawarkan bantuan dan saran jika Anda bisa. Apa yang datang sering terjadi, jadi pastikan Anda tidak hanya berjejaring untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Gabung Grup

Saat Anda melakukannya, cara yang bagus untuk memperluas jaringan media sosial Anda adalah bergabung dengan grup. Misalnya, Anda tertarik untuk mencari pekerjaan jarak jauh. Bergabunglah dengan beberapa grup Facebook atau LinkedIn yang berfokus untuk menemukan dan mendapatkan pekerjaan jarak jauh (seperti grup LinkedIn FlexJobs !).

Tingkatkan Pengetahuan Anda

Anda juga dapat menggunakan profil media sosial Anda untuk meningkatkan pengetahuan industri Anda. Meskipun Anda pasti dapat mempelajari sesuatu yang baru dari saluran media sosial mana pun, beberapa, seperti Twitter, dapat menjadi sumber berita dan informasi terkini yang luar biasa untuk industri apa pun yang dapat Anda pikirkan. Cukup cari istilah yang berhubungan dengan Anda (industri Anda, jabatan pekerjaan, dll.) dan lihat apa yang muncul. Ikuti orang-orang yang secara teratur mengomentari profesi Anda, dan sering berkunjung untuk melihat berita terbaru.Cara Menggunakan Platform Media Sosial yang Berbeda dalam Pencarian Kerja Anda
Itulah dasar-dasar menggunakan media sosial untuk mencari pekerjaan. Tapi bagaimana Anda menggunakan setiap platform?

LinkedIn

Hampir semua orang mengetahui bahwa memiliki profil LinkedIn adalah bagian penting dari persiapan pencarian kerja , tetapi apakah Anda menggunakan semua alat LinkedIn untuk keuntungan terbaik Anda?

Salah satu kesempatan yang sering diabaikan untuk menunjukkan keahlian Anda di LinkedIn adalah kesempatan untuk memposting pembaruan status ke profil Anda. Ini mudah dilakukan; LinkedIn menawarkan opsi setiap kali Anda masuk. Apa yang harus Anda masukkan ke dalam pembaruan status? Sertakan berita dan informasi yang menunjukkan bahwa Anda tahu apa yang terjadi di industri Anda dan komentari topik untuk membuktikan bahwa Anda mengetahui tren terkini di bidang Anda .

Jangan lewatkan kesempatan untuk “menandai” orang di pembaruan status Anda jika Anda menyampaikan informasi yang mereka bagikan. Anda juga dapat menandai perusahaan untuk memberi tahu mereka bahwa Anda menyebutkannya. Yang perlu Anda lakukan adalah menyertakan nama orang atau perusahaan dengan simbol @ di pembaruan Anda (misalnya, @JaneDoe), dan LinkedIn memberi tahu mereka tentang penyebutan tersebut.

Facebook

Karena kebanyakan orang lebih suka menganggap Facebook sebagai jaringan “pribadi”, merupakan tantangan untuk memanfaatkan fakta bahwa banyak orang menggunakannya untuk menemukan kandidat profesional. Solusinya? Buat pembaruan status publik.

Anda dapat memperoleh manfaat dari membuat pembaruan status tertentu menjadi publik dengan beberapa klik. Ikuti tautan di bagian atas halaman Facebook Anda untuk memeriksa pengaturan privasi Anda. Sesampai di sana, klik ikon yang mengatakan “Pengikut” di sisi kiri layar. Kemudian, di bawah Pengaturan Pengikut, centang kotak yang bertuliskan, “aktifkan ikuti”. Ini akan memberi Anda opsi untuk membuat pembaruan publik dan orang-orang “mengikuti” pembaruan publik Anda .

Setelah Anda mengatur ini, setiap kali Anda memposting di Facebook, Anda akan memiliki opsi untuk mengizinkan posting menjadi “publik.” Buat posting publik yang serupa dengan apa yang mungkin Anda bagikan di LinkedIn atau jaringan apa pun: sertakan berita dan informasi yang terkait dengan bidang Anda dan komentari apa yang baru di industri Anda. Ketika Anda melakukannya, Anda akan menambahkan serangkaian pos lain yang dapat dicari ke jejak digital Anda dan membuatnya lebih mungkin orang-orang akan menemukan Anda ketika mereka mencari seseorang dengan keahlian Anda.

Instagram

Anda juga dapat menggunakan Instagram sebagai bagian dari pencarian pekerjaan Anda . Mulailah dengan membuat profil profesional lalu posting hal-hal profesional ke dalamnya. Buat cerita yang berbicara tentang kemenangan besar yang baru saja Anda miliki atau posting gambar proyek yang Anda selesaikan.

Cari hashtag populer untuk terhubung dengan perusahaan dan pekerjaan. Mencoba:

  • kerja jarak jauh
  • pekerjaan
  • pencarian pekerjaan

Namun, jangan batasi pencarian hashtag Anda pada yang umum. Coba hashtag khusus untuk bidang Anda. Misalnya, jika Anda seorang asisten virtual, cari:

  • Asisten virtual
  • pekerjaan asisten virtual

Anda tidak pernah tahu posting apa yang akan Anda temukan, atau pekerjaan apa yang akan Anda temukan!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.