Tips Mengajukan Lamaran Melalui EmailSekarang ini banyak perusahaan yang menerima pengajuan lamaran pekerjaan melalui email. Hal itu untuk mempermudah kepratisan dan juga menghemat waktu. Tentunya membuka map satu persatu dan melihat-lihat lembaran kertas di dalamnya itu memerlukan waktu yang lebih dibandingkan dengan melihat cv satu persatu di email. Selain itu, tong sampah tidak akan penuh dengan kertas-kertas lamaran yang tidak lolos seleksi.

Berikut ini adalah tips untuk mengajukan lamaran pekerjaan melalui email menurut pengalaman yaitu sebagai berikut ini :

  1. Cek terlebih dahulu semua persyaratan yang dibutuhkan

Jangan lupa untuk mengecek semua persyaratan yang dibutuhkan. Jangan sampai ada yang terlewat sedikitpun, sebab seleksi berkas adalah seleksi awal yang harus pelamar lewati untukdapatmelaju ke tahap selanjutnya. Ketika sudah lolos seleksi berkas, Anda akan diundang untuk ke tahap interview. Meskipun sebenarnya kemampuan Ana baik dan mumpuni,namun apabila da berkas Anda yang tidak lengkap, maka Anda tidak akan pernah bisa melaju ke tahapan selanjutnya. Dengan kata lain, Anda tidak akan diterima bekerja.

  1. Buat surat lamaran yang baik

Meskipun sifatnya adalah digital, namun surat lamaran sendiri sifatnya sangat penting. Sebisa mungkin buat surat lamaran seperti layaknya surat lamaran yang ditulis di atas kertas. Tata penulisan surat juga harus diperhatikan. Mulai dari penulisan tanggal, penulisan nama kota dan lain sebagainya. Anda harus terlihat serius dan bersungguh-sungguh dalam melamar kerja. Salah satu indikator apakah Anda terlihat sungguh-sungguh adalah dengan mencantumkan berkas secara penuh dan utuh.

  1. Buat CV yang menarik

Jangan hanya mengirimkan CV atau daftar riwayat hidup yang berbentuk daftar saja. Buatlah CV yang sangat menarik, bisa berbentuk infografis atau desainyang unik. CV yang eye catching akan lebih mudah menarik perhatian HRD yang meneliti berkas Anda. Perhatikan pula komponen warna di dalam CV, warna yang tercantum di dalam CV akan mewakili karakter Anda. Jangan menampilkan CV dengan dominasi warna yang suram.

  1. Pastikan kontak Anda dapat dihubungi
  2. Tips Mengajukan Lamaran Melalui Email

Solusi terbaik agar kontak Anda dapat dihubungi dengan mudah adalah, jangan sering berganti-ganti nomor. Anda akan sangat menyesal apabila ternyata Anda mendapatkan panggilan interview namun terpaksa hangus karena Anda informasi panggilan tersebut tidak sampai kepada Anda.

Itulah tadi beberapa tips untu mengajukan lamaran secara online. Zaman sekarang memang sudah canggih, lowongan pekerjaan sudah dapat dipasang di media online. Untuk mengimbangi hal tersebut, maka pegajuan lamaran melalui email juga dilakukan. Ada juga perusahaan yang tidak terlalu ribet dalam persyaratan pengajuan lamaran melalui email. Perusahaan kecil biasanya, hanya membutuhkan CV saja untuk mempertibangkan seseorang. Kalau berkaitan dengan dunia desainer, maka portofolio desain juga perlu untuk dicantumkan. Nah itu tadi tipsnya, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang memasuki dunia kerja.