Bagi anda yang belum memperoleh pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan, kami punya tips penting yang wajib diperhatikan. Setelah mengirim surat lamaran kerja di sebuah perusahaan, biasanya para pelamar harus menunggu konfirmasi interview selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Tentunya masa tunggu yang lama membuat anda bosan, isilah waktu luang tersebut dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan masih berhubungan dengan pekerjaan. Cobalah cek kembali apakah anda sudah menulis surat lamaran dengan format yang tepat? terkadang perusahaan tidak mau menerima surat lamaran yang formatnya tidak sesuai ketentuan umum. Bagaimana membuat surat lamaran yang baik dan benar? banyak sekali contoh surat lamaran di internet, anda bisa pilih format sesuai keinginan perusahaan. Tips menulis surat lamaran kerja secara lebih lanjut dapat anda jumpai di artikel lainnya. Disini kami fokus membahas masalah yang berkaitan dengan interview atau wawancara kerja. Apa saja yang perlu disiapkan saat interview, bagaimana menghadapi HRD yang galak dan tata cara bersikap saat berhadapan dengan HRD.

Job Interview

Pertanyaan pertama, apa yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan wawancara kerja? jika anda baru pertama kali mendapatkan kesempatan interview kerja, tidak perlu sesuatu yang muluk-muluk. Yang anda butuhkan adalah penampilan diri, perlu diingat bahwa ‘kesan pertama akan menentukan hasil akhir’. Artinya anda harus mempersiapkan penampilan sebaik mungkin.

Tidak perlu memakai banyak aksesoris di baju, umumnya pelamar kerja diharuskan mengenakan pakaian formal atasan hem putih dan bawahan celana/rok berwarna hitam. Jangan lupa menggunakan mengenakan sepatu fantofel, khusus wanita harus memenuhi ketentuan perusahaan yang dilamar karena sebagian perusahaan tidak memperbolehkan pelamar memakai sepatu dengan ‘hak’ tinggi. Jika penampilan sudah rapi dan oke, apalagi yang harus disiapkan? anda perlu persiapan mental. Faktor psikis sangat menentukan diterima atau tidaknya seorang pelamar di suatu perusahaan seperti di perusahaan Itulah sebabnya perusahaan merekrut HRD dengan basis pendidikan psikolog.

Apakah HRD terlihat cukup kejam dimata pelamar? Human Resource Departement (HRD) merupakan salah satu bagian dalam perusahaan yang bertugas mengelola kebutuhan pegawai meliputi perekrutan pegawai baru, menempatkan pegawai di posisi-posisi tertentu, melakukan mutasi dan promosi serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kata ‘pegawai’. Nantinya orang-orang dari HRD yang akan mewawancari anda di sesi interview, proses ini menentukan apakah anda dapat meneruskan ke tahap perekrutan selanjutnya atau berhenti sampai disitu.

Bersikap di depan HRD akan memberikan nilai tambah bagi pelamar. Jawablah semua pertanyaan yang diberikan oleh HRD secara jujur dan lugas. Jangan bertele-tele karena pewawancara tidak membutuhkan cerita anda kecuali mereka meminta. Jaga perkataan anda, pastikan tidak menyinggung perasaan HRD. Bagaimana jika bertemu dengan HRD yang galak? pertanyaan ini sering muncul di kolom artikel kerja. Kami yakin anda bisa menanganinya di lapangan!