Apa saja persyaratan resmi yang wajib disertakan dalam surat lamaran kerja? anda lulusan baru yang sedang bingung mencari pekerjaan? kebanyakan lulusan baru tentu mengalami dilema, di satu sisi ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya namun ada saja yang menghalangi. Jumlah lulusan baru tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu, terutama untuk jenjang SMA sederajat, sarjana dan diploma. Mereka telah memasuki usia kerja, dimana pemerintah menetapkan undang-undang terkait usia kerja yang resmi yakni 18 tahun keatas.

Persyaratan Resmi Yang Wajib Disertakan

Apakah yang anda fikirkan saat pertama kali lulus sekolah atau kuliah? terfikirkah di benak anda akan mencapai jenjang pekerja? banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk bekerja. Selain dilatarbelakangi oleh kebutuhan ekonomi, prestise menjadi salah satu alasannya. Mendapat pekerjaan tetap di perusahaan atau lembaga pastinya sangat membanggakan untuk orang tua, sehingga para lulusan baru berlomba-lomba memperoleh posisi di perusahaan ternama.

Seleksi kerja yang diberlakukan lembaga pemerintah cukup ketat, kebanyakan pencari kerja lebih memilih pekerjaan di sektor swasta. Selain gajinya terjamin, tidak sulit untuk masuk ke perusahaan tersebut. Seperti apa kriteria umum yang dibutuhkan oleh perusahaan besar? umumnya perusahaan mengambil kandidat pelamar yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu perusahaan selalu menyertakan kualifikasi jabatan di kolom lowongan kerja. Hal tersebut dapat mempermudah perusahaan untuk menemukan kandidat yang tepat.

Persyaratan umum dimulai dari usia pencari kerja diĀ  setidaknya pelamar sudah berusia 18 tahun atau lebih ketika melamar. Pelamar diharuskan telah memiliki kartu tanda penduduk (KTP). KTP adalah bagian dari persyaratan resmi yang wajib disertakan di dalam surat lamaran. Jika anda sedang bermasalah dengan data kependudukan, silahkan memakai KTP sementara yang dikeluarkan oleh dinas kependudukan setempat. Selain data diri dan usia, pencari kerja wajib menyertakan beberapa persyaratan resmi.

Persyaratan yang disebutkan diatas antara lain; kartu keluarga (KK), dokumen kenegaraan ini dapat membuktikan kebenaran dari data diri anda. Membuktikan bahwa anda adalah bagian dari keluarga yang disebutkan di dalam KK tersebut. Pemberkasan KK di dalam surat lamaran kerja harus disertai pula dengan akta kelahiran. 3 berkas tersebut berhubungan satu sama lain sehingga wajib dibawa ketika anda melamar pekerjaan. Yang tidak kalah penting dari data-data tersebut yakni data yang membenarkan bahwa anda tidak pernah berurusan dengan tindakan kriminal.

Pencari kerja dapat membuatnya di kantor kepolisian setempat, POLRES atau POLSEK. Surat keterangan catatan kepolisian atau biasa disebut SKCK sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam mencari kandidat terbaik. Pembuatannya tidak sulit, datang saja ke kantor kepolisian terdekat dengan membawa dokumen-dokumen yang sudah ditentukan kemudian ikuti alur administrasinya sampai selesai. Cukup bayar 30 ribu untuk pembuatan SKCK baru, mudah bukan? usahakan tidak pakai calo!