Cukup banyak faktor yang dipertimbangkan oleh perusahaan untuk mendapatkan calon karyawan. Selain kelengkapan administratif, beberapa perusahaan mengambil sisi kesopanan pelamar melalui kalimat yang dituliskan pada surat lamaran kerja maupun pada saat interview. Karena tidak bisa melihat kepribadian pelamar secara langsung, bagian kepegawaian mengoptimalkan klasifikasi calon pekerja melalui kalimat maupun tulisan tangan pada surat lamaran. Alangkah baiknya apabila pelamar membuat surat lamaran dengan tulisan tangan.

Pentingnya Mengolah Kalimat

Dari tulisan yang digoreskan, HRD dapat memprediksi karakteristik, sifat dan cara kerja si pelamar. Lolos atau tidaknya seorang pelamar ditentukan dari kriteria-kriteria tersebut. Jika sudah lolos administratif, anda bisa sedikit lega. Seperti apa menulis surat lamaran kerja yang baik? apakah anda pernah diajari membuat surat lamaran di mata pelajaran bahasa Indonesia? membuat surat lamaran dengan tulisan tangan bahkan sudah diajarkan sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama. Tentunya anda sedikit banyak mengetahui seperti apa format penulisan surat lamaran kerja serta kalimat seperti apa yang harus digunakan.

Karena anda akan berhadapan dengan bagian kepegawaian, lebih baik tujukan surat lamaran tersebut di bagian kepegawain, HRD atau unit yang sejenis. Jangan lupa menyertakan tempat dan tanggal ketika surat tersebut dibuat. Setelah menuliskan perusahaan tujuan, tuliskan kalimat ‘dengan hormat’ untuk menunjukkan penghormatan anda kepada pemilik perusahaan atau yang mewakili. Format penulisan seperti ini banyak diposting di internet, anda boleh mencontoh sebagian kalimatnya yang penting tidak plagiat. Selain memakai kalimat yang baik, surat lamaran kerja harus memuat dokumen-dokumen sesuai persyaratan yang diberlakukan oleh perusahaan Apabila anda ingin diterima di sebuah perusahaan, pastikan melengkapi seluruh berkas. Beberapa perusahaan mengharuskan pelamar menuliskan surat lamaran menggunakan komputer, sebagian lebih suka pelamar yang menulis lamaran mereka sendiri. Jangan meremehkan hal ini, surat lamaran kerja akan mengawali perjalanan karir anda.

Seiring berkembangnya dunia, semua hal dapat dikomersilkan termasuk barang-barang yang dibutuhkan sebelum interview kerja. Kini bisnis pembuatan surat lamaran kerja dan cv beredar luas melalui internet, siapapun boleh memesan. Harga yang dipatok tidak mahal, pengelola bisnis ini sadar bahwa kebanyakan pelamar belum memiliki penghasilan. Pelamar boleh memesan surat lamaran tulis tangan atau print out dari komputer, tentu harganya berbeda. Apakah anda tertarik untuk memesan? kami sarankan agar pelamar tidak membeli surat lamaran kerja atau ‘asal comot’ dari internet begitu saja tanpa perubahan. HRD mampu memprediksi siapa pelamar yang menulis lamaran dengan tangan mereka sendiri dan yang menggunakan bantuan dari orang lain. Bagian kepegawaian akan mengolah nilai dari kalimat demi kalimat yang anda tuliskan. Model tulisan, ketebalan dan tekstur tulisan akan menunjukkan sifat anda yang sebenarnya. Masih berani menipu HRD?