Melakukan pengajuan lamaran melalui email sebenarnya tidak jauh berbeda dengan melakukan pengajuan pendaftaran secara langsung. Bedanya hanya pada cara dan bentuk dari berkas lamaran yang diajukan saja. Kalau mengajukan lamaran secara langsung maka berkasnya berupa lembaran kertas yang dibungkus dalam map atau amplop, maka pengajuan lamaran secara online atau melalui email maka bentuk berkasnya berupa soft fileatau file digital. Di zaman yang sudah serba canggih ini, masih saja ada orang yang tidak paham bagaimana caranya agar memiliki copyan berkas dalam bentuk soft file. Caranya sangat gampang sekali, Anda tinggal melakukan scanning terhadap berkas yang Anda miliki. Bingung bagaimana caranya? Datang saja ke tukang fotokopi atau rental komputer. Mereka pasti sudah sangat paham bagaimana caranya. Apalagi saat ini sudah ada printer yang jadi satu dengan scan, melakukan proses scan jadi semakin mudah.

Berikut ini adalah berkas apa saja yang dibutuhkan untuk mengajukan pendaftaran secara online. Sekali lagi, semua berkas adalah soft file atau berkas hard copy yang sudah di scan terlebih dahulu.

  1. KTP

Kartu Tanda Penduduk atau KTP adalah komponen yang penting dalam sebuah upaya melamar kerja. Entah mengapa KTP selalu menjadi syarat utama yang harus dilampirkan dalam pengajuan berkas. Mungkin instansi tempat yang dituju untuk bekerja khawatir akan keabsahan sang pelamar. Di dalam KTP itu sendiri juga termuat NIK yang dapat menjadi sebuah alat lacak untuk melihat latar belakang sang pelamar. Mulai dari alamat, pekerjaan, riwayat kejahatan dan lain sebagainya. Hal itu berfungsi apabila di kemudian hari ketika orang tersebut menyeleweng, maka pihak perusahaan bisa melakukan pelacakan dengan lumayan mudah.Dokumen yang Harus Ada Untuk Mendaftar Kerja Melalui Email

  1. Ijazah

Ini juga penting, semua pekerjaan sekarang ini membutuhkan ijazah. Pekerjaan yang tidak memerlukan ijazah adalah pekerjaan yang Anda buat sendiri, di mana Anda adalah bosnya dan Anda bisa sesuka hati membuat kebijakan dalam perusahaan ciptaan Anda sendiri. Meskipun untuk lulusan SMP sekalipun, ijazah tetap dibutuhkan sebagai bukti bahwa seseorang pernah mengenyam pendidikan. Nilai yang tercantum di dalam ijazah memang bukan tolak ukur utama apaah seseorang mampu melaksanakan pekerjaan dengan sangat baik. Namun nilai-nilai di dalam ijazah adalah sebuah ukuran apakah seorang pelamar memiliki kemampuan yang baik dalam penalaran dan keseriusan dalam belajar dulu.

Selain dari KTP dan ijazah, berkas lain yang perlu di scan adalah SKCK dan pas foto. Sebenarnya semuanya tergantung dari kebijakan pemberi kerja. CV juga perlu disiapkan dalam bentuk digital. Kalau CV mungkin mudah saja, sebab membuat rangkaian CV juga menggunakan komputer pada awalnya. Mengajukan lamaran melalui email tidak rumit kalau Anda memang mengerti teknologi dengan baik.