Tulisan ini dikhususkan bagi Anda yang sedang berupaya untuk melamar pekerjaan, baik itu fresh graduate atau yang sudah berpengalaman sekalipun. Bahkan yang sudah berpengalaman sekalipun kadang terlupa atau luput dari sopan santun dalam mengirim email. Mengirim email lamaran kerja tidak begitu saja asal mengirimkan CV serta berkas lainnya, namun ada hal lain yang juga harus diperhatikan. Bila kebanyakan orang hanya berfokus pada CV yang menarik serta surat lamaran yang baik, maka hal itu masih kurang. Ada hal lain yang juga tak kalah penting dari itu semua yakni proses mengirimkan email itu sendiri. Anda pasti tidak menyangka bahwa ada lamaran yang sebenarnya sudah bagus dan rapi, namun tidak dibaca dan dipelajari oleh HRD sebab tidak mengandung unsur sopan santun di dalamnya.

Ketika mengirimkan lamaran email, Anda tidak boleh melupakan yang namanya badan email atau body. Badan email jangan dibiarkan kosong. Namun harus dilengkapi dengan kaliat pembuka lamaran yang baik. Hal tersebut juga berlaku ketika seseorang mengirimkan sebuah karya tulisan ke media massa. Harus ada kalimat pembuka sebagai pengantar email tersebut. Berikut ini adalah contoh kalimat pembuka yang singkat yang dapat dicoba untuk dimasukkan di dalam badan email.

“Selamat pagi / siang / sore, bersamaan dengan datangnya email ini saya mengirimkan surat lamaran pekerjaan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan (dilanjutkan dengan perkenalan diri secara singkat). Nama saya bla bla bla, saya adalah bla bla bla”. Anda dapat mengembangkan sendiri kalimat yang akan dimasukkan ke dalam badan email. Namun kalimat tersebut harus efektif, tidak berbelit-belit dan langsung pada intinya yakni memperkenalkan diri dan meyakinkan bahwa Anda cocok mengisi posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Hal ini memang kelihatannya sepele, namun banyak perusahaan yang mempertimbangkan hal ini di dalam proses seleksi karyawan. Dalam dunia kerja, kesopanan dan menghargai orang lain adalah hal yang penting. Kalimat pembuka di badan email diibaratkan sebagai upaya mengetuk pintu sebuah rumah agar Anda dipersilakan masuk ke dalam rumah tersebut. Kalau kalimat pembuka saja tidak ada, maka bagaimana Anda bisa dipersilakan masuk ke dalam rumah yang ingin Anda masuki?

Sekali lagi, menurut member http://agenbola108.net kalimat pembuka adalah hal yang penting. Mengajukan lamaran pekerjaan melalui email saat ini memang marak dilakukan oleh banyak orang di manapun. Hal tersebut dinilai lebih ringkas dan mudah ketimbang mengajukan lamaran dengan cara biasa. Lagi pula mengajukan lamaran dengan cara mengumpulkan hard copy lebih memakan biaya sebab harus melakukan cetak berkali-kali. Dan satu lagi, bahwa bila Anda tidak diterima di tempat Anda melamar kerja, maka berkas Anda akan berakhir di tong sampah, tidak ramah lingkungan. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat.