Melamar kerja via online saat ini sudah banyak diberlakukan oleh berbagai macam perusahaan di Indonesia. Bayangkan saja mengajukan apply beasiswa atau lanjutan kuliah saja bisa dilakukan dengan cara mengirim email yang berisi berkas, apalagi sekedar hanya mengajukan lamaran pekerjaan. Anda dapat membuat CV yang menarik agar lebih dilirik oleh HRD perusahaan terkait.

Membuat desain CV yang menarik ini adalah salah satu trik untuk meraih posisi yang diinginkan dalam sebuah perusahaan. Nah, membuat desain CV juga bukan hal yang mudah, perlu keahlian khusus dan juga ketekunan agar mampu menghasilkan CV yang sangat bagus dan sesuai dengan karakter Anda.

CV digital untuk mengajukan lamaran via email sendiri bentuknya lebih ke infografis yang menarik dan berisi ringkasan kemampuan yang dimiliki. Berikut ini adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat CV yang menarik.

1. Gunakan aplikasi edit yang cocok
Cocok di sini maksudnya adalah aplikasi yang nyaman dan Anda kuasai dengan baik. Bisa photoshop, corel draw, indesign atau yang lainnya. Terserah pilih yang mana, aplikasi manapun sebenarnya sama saja, tergantung dari bagaimana Anda menyusun desain tersebut.

2. Masukkan informasi Anda secara apik
Percuma kalau desain CV sudah sangat bagus namun ternyata info kontak dan daftar pengalaman Anda tidak dicantumkan dengan baik. Yang ada malah CV tidak ada artinya, meski sebenarnya desain CV ini penting, namun info di dalam CV juga tak kalah pentingnya. Info mengenai latar belakang pendidikan, kontak, alamat dan juga hal yang berkaitan sangat penting untuk dicantumkan.

3. Komposisi warna
Komposisi warna juga sangat penting untuk diperhatikan. Padu padan warna harus diselaraskan dengan pas, jangan asal memilih warna sebab warna adalah wakil dari karakter Anda. Namun jangan lupa untuk menyesuaikan pula warna dalam CV Anda dengan karakter perusahaan yang dituju. Jangan menampilkan warna yang terlalu colorfull apabila perusahaan yang Anda tuju adalah perusahaan besar yang sekiranya terlihat serius.

4. Ukuran CV
Sebaiknya CV dibuat dalam ukuran yang tidak relativ besar. Ukuran CV yang sangat besar akan membuat HRD malas mendownloadnya. Namun jangan terlalu kecil juga, sebab nantinya CV malah akan pecah dan tidak bisa terbaca dengan baik. Anda akan kehilangan kesempatan apabila CV ternyata blur dan tidak dapat dibaca. Format file CV biasanya adalah pdf atau doc.

CV biasanya berukuran A4 atau folio F4. Itulah tadi tips yang diberikan oleh http://www.speedbet88.net untuk membuat CV yang dapat Anda tiru dengan seksama. Meski terdengar sepele, CV adalah komponen penting dalam sebuah kegiatan melamar pekerjaan. Ibarat kata, CV adalah gerbang yang akan mengantarkan Anda menuju pekerjaan yang Anda tuju. Semoga informasi ini membantu Anda dan bermanfaat bagi Anda kedepannya.