Apakah gelombang lulusan baru mempengaruhi rekruitmen perusahaan? meskipun era industrialisasi telah banyak merubah sistem perindustrian di eropa, hingga saat ini indonesia tidak banyak terkena pengaruh. Indonesia sendiri merupakan negara berkembang dengan ribuan perusahaan yang berdiri di atasnya. Bahkan mayoritas perusahaan masih menggunakan sistem tradisional walaupun teknologi mesin industri sudah berkembang pesat. Sistem industri di indonesia saat ini menggunakan sistem campuran dimana terdapat 2 hal baku yang menjadi keutamaan yakni tenaga mesin dan tenaga manusia. Meski sudah ada mesin, pabrik masih butuh tenaga manusia untuk beberapa bagian yang tidak dapat dilakukan oleh mesin. Setiap beberapa periode tertentu, perusahaan melakukan rolling pegawai. Artinya pegawai yang sudah lama berada di satu posisi akan diganti dengan pegawai dari bagian lainnya. Hal ini diberlakukan agar setiap pegawai mampu melakukan pekerjaan di semua unit. HRD bertugas mengecek apakah ada pegawai yang sudah tidak layak bekerja. Pegawai-pegawai yang sudah tidak memenuhi kriteria akan diganti dengan pegawai baru, maka dari itu perusahaan melakukan proses rekrutmen.

Lulusan baru menjadi event yang tepat bagi perusahaan untuk mengambil tenaga kerja sebanyak mungkin. Setiap perusahaan atau pabrik membutuhkan tenaga kerja dengan jumlah berbeda. Semakin banyak unit di pabrik tersebut, semakin banyak kandidat yang dimasukkan. Jumlah pekerja yang banyak tentu saja meningkatkan jumlah produksi, secara tidak langsung hal tersebut dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Itu juga tergantung dari besar-kecilnya perusahaan, semakin besar kapasitas pabrik maka semakin banyak pekerja yang diperlukan, belum lagi jika perusahaan tersebut membuka cabang. Adanya gelombang lulusan baru memudahkan pabrik memperoleh tenaga kerja dalam jumlah besar dan biaya rekrutmen dapat ditekan. Menjadi keuntungan tersendiri bagi pelamar apabila perusahaan membuka peluang sebesar-besarnya. Lalu, bagaimana perusahaan menangani jumlah pelamar yang membludak? besarnya minat dan kebutuhan pencari kerja membuat perusahaan harus menyiapkan waktu tersendiri untuk melakukan proses rekrutmen.

Apakah Lulusan Baru Mempengaruhi Rekrutmen Perusahaan

Perekrutan diawali dengan memposting lowongan pekerjaan di berbagai media, baik media cetak, internet, medsos maupun ‘mulut ke mulut’ dengan bantuan para pekerja tetap perusahaan. Informasi lowongan kerja akan menyebar dalam waktu singkat, perusahaan hanya membutuhkan waktu sebentar untuk menerima pelamar yang datang. Pelamar harus mengirimkan lamaran atau datang ke lokasi sebelum waktu yang ditentukan oleh perusahaan. Pembatasan dengan sistem seperti itu cukup akurat daripada membatasi dengan sistem jumlah. Mekanisme melamar pekerjaan yang tepat menjadi keunggulan bagi setiap pelamar. Masing-masing pelamar yang sudah disaring berdasarkan kelengkapan administrasi selanjutnya akan menerima panggilan untuk seleksi selanjutnya. Umumnya HRD akan melakukan wawancara singkat terlebih dahulu, jika lolos tahap ini maka pelamar akan dihubungi lagi untuk melakukan seleksi tes psikologi. Alur perekrutan berjalan seperti itu seterusnya!